Seleksi Penerimaan CPNS Makakin Ketat

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel) memperketat seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari umum tahun 2010 ini. Sistem seleksi ini akan berlaku di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Dalam penerimaan CPNS kali ini bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Pemprov Sulsel memberlakukan tes wawancara Bahasa Inggris, serta mempertimbangkan berat dan tinggi badan calon peserta CPNS. Meski demikian, BKD masih enggan merinci ketentuan dan syarat lulus tes fisik tersebut. Bahkan, para peserta CPNS wajib mengikuti tes dan pelatihan baris-berbaris sebelum dinyatakan lulus sebagai PNS. Okey.., sebelum saya melanjutkan artikel ini, terlebih dahulu saya akan memberikan dukungan untuk blog kawan saya yang berjudul Gerbang Type Approval😀

Kepala BKD Sulsel Andi Murni Amien Situru mengatakan,Aturan baru ini diseragamkan di Sulsel. Dia menyebutkan, kebijakan dan anjuran tersebut berasal dari aturan yang diterapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). Murni berharap dengan pengetatan tersebut, Sulsel bisa menjadi barometer dalam seleksi CPNS di Indonesia.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel sudah mengajukan rincian formasi umum penerimaan CPNS tahun 2010 dalam Rapat Pengusulan Rincian Formasi di Kemenpan dan RB RI, Jakarta, Senin (27/9). Kuota CPNS yang diajukan Pemprov Sulsel khusus jalur umum sebanyak 277 orang. Jumlah itu terdiri dari 150 tenaga kesehatan seperti dokter spesialis, dokter umum, hingga D3 kebidanan dan perawat.

Serta 114 tenaga teknis, serta 13 pelatih olahraga berprestasi (lihat grafis). Mantan Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah Sulsel ini menambahkan,usulan yang diajukannya tersebut sudah final. Namun, Murni belum mau mengumumkan mengenai jumlah kuota per formasi,khusunya rincian program studi penerimaan dengan dalih masih harus menunggu SK dari Kemenpan RB.

Formasi CPNS Makassar Masih Diproses

Sementara itu, formasi CPNS 2010 di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hingga saat ini masih diproses Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar Sittiara mengatakan,pihaknya belum bisa menentukan berapa jumlah formasi yang diterima kali ini karena belum ada kejelasan dari pusat. “Itu masih diproses dan mudahmudahan dalam waktu dekat itu sudah dikeluarkan,”ujar dia kepada wartawan di Balai Kota kemarin.

Sebelumnya, BKN mengeluarkan formasi CPNS kepada Pemkot. Untuk 2010, Makassar mendapat jatah 172 CPNS, yaitu 77 tenaga guru, 52 tenaga kesehatan, dan 43 tenaga teknis. Hanya, jatah itu langsung direvisi karena Pemkot menilai sangat kurang sehingga BKN meminta BKD mengusulkan kembali pengusulan formasi. Dari informasi yang dihimpun, Makassar meminta jatah CPNS sebanyak 200 orang.

Pemkot Makassar mengeluhkan kekurangan tenaga pendidik. Sebab, di ibu kota Sulsel ini masih membutuhkan sekitar 700 guru, khusus di sekolah dasar (SD). Sementara jumlah tenaga teknis sudah cukup. Atas realitas kekurangan itu, Pemkot mengharapkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Meneg PAN) memprioritaskan tambahan tenaga guru dari jatah yang didapatkan tahun ini. Apalagi penerimaan CPNS untuk guru dan memasuki masa pensiun tidak seimbang atau lebih banyak yang keluar ketimbang masuk.

Sittiara mengakui, jatah CPNS jumlahnya masih memungkinkan bertambah, apabila nanti Pemkot mengusulkan kembali formasi yang paling dibutuhkan. “Khusus tenaga teknis, penentuan formasinya akan dipertimbangkan terlebih dahulu guna melihat bidang yang paling mendesak. Pemkot harus melakukan kajian mendalam tenaga teknis yang dibutuhkan sebelum mengeluarkan formasinya,”tandas dia.

Tentang agustomo

Type Approval Partnership, Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat telekomunikasi
Pos ini dipublikasikan di News dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Seleksi Penerimaan CPNS Makakin Ketat

  1. Ping balik: Komisi Pemilihan Umum Seleksi CPNS « Type Approval Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s