Rasa Lega Terlihat di Warga AS

Amerika Serikat, Jumat (2/10/2010) mengatakan pihaknya kini lega bahwa para pemimpin politik Irak akhirnya mulai melakukan usaha-usaha untuk membentuk pemerintah, hampir tujuh bulan setelah pemilu. “AS tidak memiliki satu kandidat unggulan,” kata juru bicara Deartemen Luar Negeri Philip Crowley kepada wartawan.

Rasa Lega Terlihat di Warga AS

Rasa Lega Terlihat di Warga AS

“Tetapi secara jelas kami mengakui dan berkomunikasi dengan para pemimpin Irak  bahwa mereka telah berusaha membentuk satu koalisi politik, cukup kuat untuk membentuk pemerintah,” tambahnya.

“Ini adalah langkah-langkah yang telah dilakukan Irak dan kami kini lega bawa mereka sudah mulai melakukan langkah-langkah ini,” katanya setelah kelompok parlemen dari golongan utama Syiah Irak  memilih Perdana Menteri sementara Nuri Al Maliki sebagai kandidatnya untuk perdana menteri.

Pengumuman Aliansi Nasional (NA), yang tetap tidak mencapai mayoritas mutlak  dalam Dewan Perwakilan (parlemen) yang memiliki 325 kursi,adalah tanda pertama  harapan dalam beberapa bulan bagi pembentukan pemerintah setelah pemilu 7 Maret. “Pengumuman kelompok itu saja tidak memberikan satu kelompokpun memiliki dukungan yang cukup untuk membentuk pemerintah,” kata Crowley.

Ia menambahkan “akan diperlukan dialog lagi di antara partai-partai besar dan kami mengharapkan mereka akan menemukan satu jalan untuk menyelesaikan segera keinginan-keinginan politik mereka dan membentuk satu pemerintah persatuan.”

Juru bicara Gedung Putih  Robert Gibbs juga lega dengan berita-berita itu. “Konflik politik di Irak telah terpecahkan,” kata Gibbs kepada wartawan.

Menjawab pertanyaan apakah pemerintah AS ingin melihat pemerintah Irak terdiri berbagai kelompok, ia menjawab, “Satu pemerintah yang mewakili semua golongan… itu apa yang setiap orang di sini fokuskan.”

Tentang agustomo

Type Approval Partnership, Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat telekomunikasi
Pos ini dipublikasikan di News dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s