Hari Penyelamatan (Semoga) Lebih Cepat

Pedro Buttazzoni tampak sumringah saat bercerita soal kerja tim penyelamat terhadap 33 pekerja tambang yang terjebak jauh di perut Bumi. Seturut warta media AP dan AFP pada Selasa (5/10/2010), pihaknya sudah melakukan pengeboran sepanjang 464 meter. “Itu berarti tinggal ada jarak sekitar 160 meter untuk mencapai lokasi para pekerja,” katanya.

Buttazzoni yang juga direktur pertambangan Geotec, Cile, itu menambahkan, jarak tersebut bisa tembus dalam waktu maksimal empat hari sejak sekarang. “Kalau tak ada halangan, penyelamatan bisa lebih cepat,” tuturnya.

Menurutnya, perdebatan terjadi di antara petugas penyelamat tentang kebutuhan membangun terowongan dari metal seperti rencana semula. Pembuatan terowongan itu akan memakan waktu beberapa hari. Jika keputusannya adalah terowongan tidak diperlukan, para pekerja tambang dapat diangkat keluar pada akhir pekan.

Para pekerja tambang terjebak di bawah tanah selama dua bulan. Masa ini lebih lama dibandingkan kejadian sebelumnya.

Sebelum ke Eropa

Sebelumnya, Presiden Cile Sebastian Pinera mengharapkan para pekerja dapat diselamatkan sebelum rencana kunjungannya ke Eropa pada 17 Oktober nanti. “Saya berharap kami dapat menyelamatkan mereka sebelum saya pergi ke Eropa. Saya ingin merasakan peristiwa tersebut bersama para pekerja tambang,” kata dia.

Jadwal penyelamatan dapat diperpendek setelah proses pengeboran untuk menyelamatkan para pekerja tambang mengalami kemajuan pesat. Pekan lalu, pemerintah mengatakan bahwa proses penyelamatan akan dimulai pada minggu kedua Oktober, bahkan sebelumnya disebutkan akan dimulai pada awal November.

Terowongan penyelamatan sudah sempurna, terutama karena kapsul baja yang dirancang oleh Angkatan Laut Cile akan diturunkan. Rencananya, pasukan komando angkatan laut akan turun ke lokasi tambang guna memantau situasi dan menolong para pekerja dalam menggunakan kapsul penyelamat.

Proses menarik seorang pekerja ke atas diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam. Adapun dokter mengatakan, para pekerja sudah mempersiapkan diri untuk proses penyelamatan.

Mereka juga mendapatkan pelatihan dari pakar hubungan masyarakat yang akan membantu mereka mengatasi situasi penyelamatan yang akan mendapatkan sorotan media-media di dunia.

Tentang agustomo

Type Approval Partnership, Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat telekomunikasi
Pos ini dipublikasikan di Bloging dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s