Wacana Pembentukan Bursa Komoditas Regional

Wacana pembentukan bursa komoditas regional yang digagas Indonesia menghadapi sejumlah kendala. Perbedaan karakteristik bursa komoditas di tiap negara membuat rencana tersebut sulit terealisasi. Namun wacana tersebut tetap ditindaklanjuti karena masing-masing negara merespon positif.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyebutkan, ada tiga kendala pembentukan bursa regional, sebagaimana dibahas dalam pertemuan di Tokyo, Jepang, beberapa hari lalu. Pertama, bursa komoditas di China sifatnya lebih tertutup. Mereka membatasi pelaku dari asing. Kedua, bursa komoditas di Jepang selama ini menerapkan mata uang tunggal, yakni yen. Ketiga, bursa komoditas di Vietnam masih sangat tradisional dan banyak dikendalikan pemerintah.

Pertemuan di Tokyo dihadiri lima negara, yakni Indonesia, China, Vietnam, Thailand, dan Jepang. “Sementara baru lima negara yang merespon gagasan kita untuk membentuk bursa komoditas regional. Dalam pertemuan itu disampaikan beberapa kendala. Namun masing-masing menganggap perlunya dibentuk bursa regional, sehingga mereka akan menyikapinya kendala itu secara serius,” papar Bayu, Jumat (14/9/2012) di Jakarta.

Tentang agustomo

Type Approval Partnership, Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat telekomunikasi
Pos ini dipublikasikan di Bloging dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s