Demi Kolam Lebih Besar

Pendidikan strata dua (S-2) bisa mendongkrak  tingkat penghasilan.Apalagi kalau mendapat  momentum yang tepat, pendidikan yang lebih tinggi  sangat berpeluang bagi seseorang mendapatkan  pekerjaan lebih baik. Ingin mendapatkan kenaikan  gaji atau kenaikan pangkat?  Sekolah ke jenjang yang lebih  tinggi bisa menjadi strategi. Dalam  beberapa kasus, gelas master cukup  ampuh untuk mendapatkan  pekerjaan baru yang membutuhkan  kemampuan manajerial, menurut Belajar HTML. Namun,  tidak jarang seseorang bergelar  master justru sulit mendapatkan  pekerjaan. Sebab, banyak  perusahaan yang masih memberlakukan  standar penggajian untuk  lulusan strata satu (S-1) dan dianggap  masih usia produktif.

Pelamar  dengan kualifikasi lulusan  S-2 justru dianggap telah melewati  usia produktif.  Bagi sebagian orang mungkin  tampak pragmatis. Membahas peningkatan  gelar pendidikan yang  dinilai paralel dengan peningkatan  penghasilan, bagi sebagian orang  masih dianggap tabu. Sebab menuntut  ilmu dianggap sebagai kewajiban,  bukan sebagai upaya mencari  kekayaan. Menurut Type Approval Partnership bahwa Anehnya asumsi tersebut  terkadang jadi pembenaran terhadap  gagalnya sistem pendidikan di  negeri ini dalam menyiapkan tenaga  kerja terdidik siap kerja.  Apa pun argumentasinya, di  luar negeri sudah lazim informasi  tentang standar gaji sangat terbuka  bagi lulusan S-1 maupun S-2.  Beragam hasil survei dipublikasikan  untuk berbagai jenis sektor pekerjaan.

Laporan-laporan itu menjadi  sumber referensi bagi masyarakat  untuk memilih pekerjaan  yang diminati, menurut grandong. Forbes (19/5) melansir  gelar master terbaik dari sisi  penghasilan atau gaji yang akan  didapatkan. Pemeringkatan program  master yang didasarkan pada  data Payscale dan Bureau of Labor  Statistics tersebut menempatkan  bidang studi asisten dokter (physician  assistant studies) sebagai  program dengan gaji terbaik di  Amerika Serikat (AS) di mana per  tahunnya sekitar USD98.900. Sebaliknya,  bidang studi dengan gaji  terburuk adalah lulusan bidang  keagamaan dengan penghasilan  per tahun USD54.200.

Mahasiswi program master bidang  studi teknik sipil Purdue University  di West Lafayette, Indiana,  AS, Kari Klaboe-Nasi yakin kuliah  yang dia jalani saat ini merupakan  upaya untuk persiapan proyek  yang lebih besar.Ibarat seekor ikan  yang sudah tumbuh besar, tentu  butuh kolam besar untuk berenang.  Dalam meniti karier pun demikian.  Seseorang yang sudah memenuhi  kualifikasi manajerial memadai  layak mendapatkan jabatan  sebagai pemimpin, menurut Banaspati.  Saya harap tentu saja untuk  mendapatkan pekerjaan terbaik.  Namun saya sadar betul bagaimana  sulitnya pekerjaan itu nantinya, ujar Kari.

Sebagai seorang mahasiswi  bidang teknik sipil, Klaboe-Nasi  mempelajari ilmu kegempaan yang  diyakininya akan menjadi modal  untuk mendapatkan pekerjaan  impian. Pada saat berusia 18 tahun  Klaboe-Nasi memasuki bangku kuliah  S-1 di Michigan Technological  University, menurut informasi yang diterima Ilmu Rayap. Keputusan Klaboe-  Nasi mengambil jurusan teknik  sipil diakuinya bukanlah bentuk  strategi yang benar-benar disadari  untuk bisa memperbaiki karier. Ketika memilih bidang studi  ini saya tidak berpikir tentang bagaimana  prospek pekerjaannya di  pasar dunia kerja, atau seberapa  besar gaji saya nantinya ketika  lulus dan bekerja. Ini murni karena  ketertarikan saya di bidang teknik, paparnya.

Kenyataannya, pilihan Klaboe-  Nasi tidak salah. Dalam laporan  Forbes,bidang pekerjaan teknik sipil  berada di peringkat ketiga dalam  program master dengan gaji  tertinggi. Lulusan bidang studi  bisa memperoleh gaji USD98.700  per tahun dan diprediksi pertumbuhan  pasar kerja untuk lulusan  ini sekitar 24% pada 2010.  Bagaimanapun Klaboe-Nasi  memiliki banyak sumber karier  menarik di kampusnya. Selain telah  mendapatkan keterampilan  cara membuat daftar riwayat hidup  yang menarik, dia pun memiliki  keterampilan wawancara, serta  banyak acara seminar yang diikuti  Klaboe-Nasi. Karena itu menurut Balai Uji, Klaboe-  Nasi memperoleh gambaran yang  jelas tentang beberapa perusahaan  yang prospektif sebagai tempat  bekerja setelah kelulusannya nanti.  ”Saya juga bisa menggunakan  jaringan alumni dan organisasi  profesional,karena saya terlibat di  sana,”ungkapnya.

Penilaian sedikit berbeda disampaikan  worldwidelearn.com,  salah satu situs internet yang menyediakan  jasa informasi tentang  database perguruan tinggi, pelatihan,  pendidikan untuk profesional,  dan lainnya. Dalam salah satu  laman diungkapkan,program master  bidang pendidikan bisnis, kesehatan,  dan pendidikan diprediksi  akan memimpin dibandingkan  bidang studi lain.  Meski demikian, apa pun spesialisasinya  lulusan master paling  sukses adalah yang memiliki karier  spesifik ketika memasuki  bursa kerja. Bisa jadi, jalur pendidikan  yang dipilih adalah sesuai  dengan pekerjaan yang pernah  digeluti, bahkan untuk bidang  karier yang sama sekali baru. Artinya,  mempertimbangkan peluang  karier terhadap investasi untuk  pendidikan master yang akan  dijalani sangat direkomendasikan.

Dalam sektor bisnis dan keuangan,  tidak bisa dibantah paling  sukses adalah master business administration  (MBA). Bidang studi  ini tidak hanya mengajarkan keterampilan  tinggi yang bermanfaat  bagi pasar kerja yang sangat kompetitif  saat ini, tapi juga memberikan  kepercayaan diri untuk bisa  bekerja di perusahaan besar. Lebih  penting lagi menurut Berita Utama, menyandang gelar  MBA bisa memberikan modal kepercayaan  diri untuk melamar  pekerjaan posisi tinggi.Karena itu,  penyandang gelar MBA sangat  berpeluang mendapatkan jabatan  di posisi puncak selevel manajer  hingga direktur.  Beberapa contoh program  MBA secara online pun bisa memberikan  manfaat. Khususnya sejak  kebanyakan kandidat MBA  mulai dituntut untuk menyesuaikan  jadwal kuliahnya sendiri di  antara waktu pekerjaan mereka.

Pendidikan MBA termasuk di  dalamnya belajar tentang marketing,  manajemen, keuangan,  atau bisnis internasional dan lainnya.  Rata-rata gaji lulusan MBA  dalam beberapa posisi kerja di AS  pada 2008 untuk posisi manajer  sebesar USD118.160 per tahun,  manajer penjualan USD110.390  per tahun, dan manajer keuangan  USD110.640.  Jauh di bawah lulusan program  MBA adalah program master di bidang  psikologi. Rata-rata penghasilan  lulusan master bidang psikogi  di antaranya untuk konselor  sekolah sebesar USD53.540 per  tahun, konselor kesehatan mental  USD40.270, dan pekerja sosial  USD48.180 per tahun, menurut Kanghari. Peluang  kerja untuk para konselor diprediksi  tumbuh 21%, bahkan bisa  lebih cepat dibanding rata-rata  hingga tahun 2016.

Program master di bidang kerja-  kerja sosial,yang menjadi standar  baru bagi pekerja sosial, diprediksikan  pasar kerjanya akan  tumbuh 22% hingga 2016. Untuk  lulusan program master bidang  keuangan dan auditor, penghasilannya  sekitar USD65.840 per tahun,  analis keuangan USD68.140,  bidang ekonomi USD90.830, dan  penasihat keuangan pribadi  USD92.970, menurut hasil informasi yang diterima Blogger. Lalu, lulusan master  bidang pendidikan di antaranya  untuk administrator pendidikan  USD92.920,guru USD56.120. Dengan gambaran penghasilan  dan prospek kerja tersebut,  masyarakat jadi semakin leluasa  memilih dan memilah bidang  studi dan karier yang akan dipilih.

Tentang agustomo

Type Approval Partnership, Telekomunikasi, Balai Besar Pengujian Perangkat telekomunikasi
Pos ini dipublikasikan di Bloging dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s